Ayo Neng Sawah

Selama 2 hari lalu saya dan temen saya, mas Rais menemani mbak Dewi, surveillance dari Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Jatisari. Menemani mengamati hama dan penyakit di tanaman padi. Yes! Ke sawah lagi. Seneng ke sawah, kadang merasa jenuh di kantor mulu. Lokasi yang ingin disurvai 10 desa di kabupaten Sleman dan 10 desa di kabupaten Kulon Progo. Dengan mengendarari Grand Touring…






Perjalanan dimulai hari Selasa 29 Mei 2012, jam 10 pagi (atau siang ya). Hari ini ke wilayah Sleman, mulai dari Berbah sampai ke Ngaglik. Dari timur sampai barat. Nyemplung dari petak ke petak sawah lain. Mengamati hama penyakitnya. Yang mengamati sih mbak Dewi, saya mengamati mbak Dewi. Hehehe… Ikut belajar gitu maksudnya. Sambil jeprat-jepret sana-sini, mencari foto model. Perjalanan hari Sleasa selesai jam 15.00 wib, trus pulang le kantor. Untuk hari Rabu, masih bertiga lagi menuju ke Kulon progo. Kali ini berangkat pagi jam 8, biar cepet kelar. Masih aktivitas yang sama, mengamati hama penyakit, mengamati OPT.

 Aktivitas Mbak Dewi…
 Serius bener yak..?!

Dimana dia?
Selama pengamatan, susahnya mencari yang namany
a Tomcat yang pernah bikin heboh dimana-mana. Mana beritanya bikin geger pula. Padahal yang namanya Tomcat atau nama bekennya Paedorus sp. ini mah kagak membahayakan. Emang sih, yang namanya Tomcat punya racun yang namanya Pederin untuk melumpuhkan mangsa. Yah, selama tidak diganggu dia tidak akan mengeluarkan cairan kok. Di pertanian, dia justru membantu petani. Karena dia musuh alami dari beberapa hama yang lebih kecil, misalnya wereng. Mana pernah heboh akan dibasmi. Jangan!
Gambarnya gak jelas. Ampun susahnya mau jepret makhluk imut-imut satu itu, larinya kenceng, dan gak mau meneng. Hasilnya blawur…! Tapi yo ben.

Jalan-jalan ke sawah dan akhirnya….
Sepatuku….

10 thoughts on “Ayo Neng Sawah

  1. Lha Paklikku iku kurang asem kebunku digawe kebun Salak, jarene laris ..wit Sawoku, Duren, Jambu, Jeruk kabeh diketok…arep tak beleh kuwi Paklik ku…

Silahkan tinggalkan jejak...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s